Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memilih merek ponsel terbaik untuk dibeli dan paling awet saat ini

Pasar ponsel saat ini terbagi menjadi banyak segmen harga yang berbeda, ada sekmen ponsel murah, kelas menengah dan kelas atas. Kecepatan perkembangan teknologi pada ponsel yang juga berkembang pesat menyebabkan pengguna bertanya-tanya ponsel mana yang akan dibeli.
Jadi dalam artikel ini, kami ingin membantu kamu untuk memilih kriteria ponsel mana saja tahan lama, menarik dan terjangkau.

1. Ponsel yang saat ini ada di pasaran

Trend serta teknologi inovasi baru telah memicu perkembangan industri telepon seluler. terdapat jenis 2 ponsel yang beredar di pasaran yaitu;

- ponsel biasa : Yaitu ponsel dengan sistem operasi sederhana biasanya hanya bisa melakukan panggilan telepon, SMS, mendengar musik dan memiliki Desain sederhana, kompak, dan cukup tebal.

- Smart phone : adalah ponsel yang berjalan pada platform sistem operasi dengan banyak fitur built-in, terutama yang menggunakan layar sentuh, penyimpanan memori dan banyak fungsi multimedia lainnya. seperti: browser web, Email, integrasi aplikasi pihak ketiga, dan koneksi mudah dengan perangkat lain. Ponsel cerdas saat ini berjalan pada sistem operasi seperti Android , Ios, Windows Phone, Blackberry OS.

 2. Kriteria apa yang harus kita perhatikan ketika memilih untuk membeli ponsel?

Beli ponsel sesuai kebutuhan dan harga

Harga produk merupakan faktor penting dan menentukan apakah pengguna memilih untuk menggunakan produk tersebut atau tidak. Apalagi bagi pelanggan yang hanya ingin memilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, namun anggarannya juga harus sesuai.

Untuk membeli ponsel yang tepat, terdapat terbagi atas 3 kelompok pengguna yang di sesuaikan menurut kebutuhan masing-masing:

- Untuk pecinta teknologi: Untuk kelompok pelanggan ini kami tidak perlu menyebutkan ponsel mana yang cocok, karena mereka adalah pecinta teknologi dan  memiliki kondisi ekonomi yang baik serta selalu mengikuti tren dan pasti tahu. perangkat mana yang harus mereka pilih

- Untuk karyawan: Adalah sekelompok pelanggan yang perlu menggunakan telepon dengan desain yang indah, performa yang baik, terutama pada kamera.

- Untuk Murid dan pelajar : saat ini mereka masih bergantung pada ekonomi keluarga, pilihan produk untuk pelajar terbaik di segmen menengah ke bawah

Pilih untuk membeli telepon sesuai dengan sistem operasi

Sistem operasi juga cukup penting, setiap merek akan memiliki sistem operasi yang berbeda, dengan kelebihan dan kekurangan tertentu. Sistem operasi umumnya yaitu: Android, iOS hingga Windows Phone atau BlackBerry OS ...

Sistem operasi Android

Sebagai sistem operasi yang digunakan oleh banyak perusahaan smartphone, harga yang ditawarkan cukup bervariasi dari produk populer hingga produk kelas atas, sehingga cocok untuk berbagai pelanggan. Dengan biaya kurang dari 1 juta, Kamu sudah memiliki smartphone yang dapat digunakan untuk membaca berita, menonton film, atau menjelajahi web

Sistem operasi iOS

Sistem operasi IOS Hanya tersedia di model buatan Apple.Ponsel dengan sistem operasi ini bersaing dengan ponsel android dan memiliki keamanan privasi yang sangat baik. ponsel buatan Apple ini memiliki daya tahan yang tinggi namun harganya cukup mahal

Sistem operasi Windows Phone

merupakan sistem operasi untuk smartphone dari Microsoft. Namun interface Windows Phone dinilai jelek dan membosankan, fiturnya tidak banyak. Saat ini sistem operasi ini muncul di beberapa ponsel Nokia.

Sistem operasi BlackBerry OS

Keamanan tinggi, cocok untuk pebisnis yang membutuhkan keamanan tinggi. Sistem operasi ini memiliki kelemahan besar yaitu toko aplikasinya buruk,  meskipun ponsel Blackberry tidak lagi diproduksi, tetapi ponsel dengan sistem ini menandai awal perkembangan smartphone

Pilih ponsel dengan kapasitas memori dan Ram, Baterai sesuai kebutuhan

Menurut survei statistik, kapasitas penyimpanan  yang pengguna inginkan. Yaitu , 43% pengguna menjawab 64GB; 23% menginginkan 128GB dan 19% mengatakan 32GB sudah cukup.

Jika kamu penggemar gambar, fotografi, perekaman video atau pengguna youtube, kamu harus memilih memori ROM 32GB dan dukungan  memori eksternal. Karena sistem operasi memakan hampir 5GB memori perangkat.

Ram juga cukup penting, tetapi tergantung pada sistem operasi yang digunakan pengguna, semakin besar Ram, ponsel Anda akan berjalan lebih lancar dan lebih stabil. Tetapi perhatikan bahwa hal tersebut juga memiliki batas tertentu tergantung pada performa mesin.

Untuk ponsel Android yang digunakan untuk menjelajahi web, mendengarkan musik membutuhkan kapasitas RAM di bawah 1-2 GB. Agar smartphone dapat menjalankan aplikasi berat, mainkan game grafis tinggi ... sebaiknya memilih membeli ponsel RAM dengan kapasitas minimal 3 GB.

Baterai: Satuannya adalah Mili Ampere Hour (mAh), semakin tinggi angkanya, semakin lama masa pakai baterai. Dengan permintaan ponsel saat ini, kapasitas baterai minimum tidak boleh kurang dari 2000mAh.

Membeli ponsel sesuai dengan ukuran layar

Ukuran layar juga menjadi kriteria yang cukup penting ketika memilih untuk membeli sebuah ponsel, khususnya Smartphone. Saat ini trend smartphone dengan layar besar menjadi trend dunia. 

Menurut survei terbaru dari Android Authority, hingga 50% pengguna lebih memilih ukuran layar 5 - 5,5 inci, ini dianggap ukuran standar. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil ini, sangat nyaman untuk dipegang untuk bermain game, menonton film atau membaca koran dan dengan mudah dimasukkan ke dalam saku.

Tempat membeli ponsel murah dan berkualitas

Saat ini, ponsel palsu memiliki kualitas yang sangat buruk, jadi belilah produk asli yang akan memastikan keamanan saat digunakan.Jangan memilih membeli ponsel di tempat kecil karena harga murah. dan Belilah ponsel yang menawarkan servis garansi yang mudah

3. Belilah ponsel dari perusahaan terbaik saat ini

Ponsel Apple 
Apple adalah perangkat teknologi komputer terbesar di dunia yang berasal dari AS. Produk Apple mulai dari iPhone , iPad hingga Macbook perusahaan ini memiliki logo gambar apel yang digigit. Meskipun memiliki harga yang sangat mahal, namun saat ini jumlah orang yang menggunakan produk Apple ini semakin meningkat.

Yang paling menonjol di antara produk Apple adalah bahwa iPhone, perusahaan ini berfokus pada desain tampilan, komponen internal, dan aksesori, dan teknologi aplikasi pada iPhone .

Ponsel Samsung
Sebagai perusahaan dengan merek terkenal dunia, ponsel Samsung dianggap sebagai pesaing utama Apple.

Keunggulan ponsel Samsung adalah modelnya yang beragam, harga beragam mulai dari harga yang terjangkau dari beberapa jutaan hingga model mid-end hingga model high-end hingga puluhan juta. Sehingga dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna.

Selain itu, Samsung juga memiliki keunggulan memiliki desain yang ramping, smart, desain yang mewah, dan sistem operasi Android yang nyaman. Itulah yang membuat perusahaan ini lebih populer dibanding merek lain.

Ponsel Asus
Asus yang dikenal dengan kekuatan utamanya dalam memproduksi dan mendistribusikan laptop (laptop), kini telah merambah perangkat seluler dan memiliki pasar yang cukup stabil

Produk utama Asus adalah ponsel Zen dengan desain bagus, performa stabil, dan harga yang sangat miring bagi pengguna. Selain itu, ada juga beberapa kekurangan kecil dari Asus yaitu mesin mudah panas saat bermain game dalam waktu lama, dan kamera tidak mengambil gambar yang bagus dalam kondisi kurang cahaya.


Ponsel Oppo
Ponsel Oppo  merupakan salah satu pesaing pasar ponsel tanah air. Produk Oppo di minati karena desainnya yang menarik, fitur dan performa lengkap.

Di segmen high-end, ponsel Oppo mungkin tidak bisa menandingi brand ponsel senior seperti Apple atau Samsung. Namun di segmen kelas menengah bawah, Oppo semakin membuktikan dirinya sebagai pesaing tangguh yang tidak kalah dengan merek lain.

Ponsel Xiaomi
Ponsel Xiaomi sejak memasuki pasar Indonesia menjadi salah satu produk yang paling laku.

Produk Xiaomi ini cukup beragam mulai dari smartphone, bluetooth speaker, bluetooth headset hingga perangkat wearable seperti smart bracelets atau smartwatch. produk Xiaomi diminati karena memiliki desain yang menarik, mewah, dengan performa yang baik tetapi harganya murah.

Posting Komentar untuk "Cara memilih merek ponsel terbaik untuk dibeli dan paling awet saat ini"