Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki kipas angin yang rusak dan tidak bisa berputar

Ada banyak alasan mengapa kipas yang berputar tiba-tiba mati. Pertama, kamu perlu memeriksa steker dan kabelnya apakah ada yang kendor atau putus (karena gigitan tikus atau karena penggunaan jangka panjang kabel yang putus dan putus).

1. diKipas tidak berputar karena kegagalan kapasitor

Gulungan kumparan tembaga pada stator disusun secara simetris. Saat aktif kapasitor menghasilkan medan magnet. Kapasitor dibuat untuk membelokkan medan magnet dari kumparan untuk membentuk medan magnet yang berputar. Dengan demikian, peran utama kapasitor adalah menyalakan motor listrik 1 fase.

Penyebab: Menggunakan kipas dengan sumber listrik yang tidak stabil, atau menggunakannya dalam waktu lama dapat menyebabkan kapasitor rusak.

Gejala kapasitor kipas rusak: Kipas tidak berputar saat saklar power dihidupkan, tetapi masih terdengar suara gemericik di mesin.

Cara Memperbaiki: Beli kapasitor lain untuk menggantinya dengan yang baru

2. kipas tidak berputar karena sekring terbakar


Sekering kipas adalah kondensor kecil yang  menghubungkan kapasitor dan koil. Efek dari sekring adalah melindungi stator dari beban berlebih. Ketika suhu stator mencapai atau melebihi ambang batas 130 derajat, menyebabkan sekring terjadi ke gagalan, arus yang mengalir melalui stator terputus sebelum kumparan terbakar. m

Cara mengetahui sekring terbakar: Gunakan multimeter untuk mengukur resistansi antara kedua ujung colokan kipas. Jika tidak ada hambatan berarti sekring terbakar.

Ada 2 cara untuk memperbaiki masalah ini

Cara pertama: beli kapasitor lain untuk mengganti yang rusak. Hal ini lumayan ribet karena harus melepas motor kipas seluruhnya. Cari bundel kawat yang berisi koneksi kondensor.

Cara ke 2 : Korsleting untuk memotong sekring. Ini lebih sederhana dan lebih mudah dilakukan, tetapi stator tidak memiliki sekring pelindung. apabila kipas kembali mendapatkan kelebihan beban, kamj harus membeli kipas baru.

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki kipas angin yang rusak dan tidak bisa berputar"