Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli RAM pada Laptop

Apakah Upgrade RAM diperlukan dan haruskah kita melakukannya? mengapa RAM harus di tingkatan? mari cari tahu pada artikel dibawah ini

Apa itu RAM? Apa Efek dan perannya pada laptop?
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Disebut demikian karena setiap sel memori memiliki peran yang sama dan sistem dapat mengakses sel apa pun tanpa harus berurutan seperti jenis perangkat penyimpanan lainnya.

RAM mampu membaca dan menulis sendiri. Berkat fitur khusus, kecepatan mengakses data dalam RAM lebih unggul daripada perangkat penyimpanan lainnya. Namun, ia tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan data saat daya dimatikan, setiap komputer dimatikan berarti RAM kehilangan semua data.

Peran RAM adalah menyimpan informasi terkini untuk diakses dan digunakan oleh sistem, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa RAM yang menentukan performa kecepatan komputer. Jika kekurangan RAM, sistem akan berjalan sangat lambat karena terus menerus menyimpan dan menghapus informasi.

Hal yang perlu diperhatikan saat meningkatkan RAM untuk laptop

- Tentukan apakah laptop kekurangan RAM atau tidak

Bergantung pada kebutuhan kamu harus menentukan berapa banyak RAM yang ingin di tingkatkan. Seperti:

- Jika kamu seorang gamer, RAM minimum yang harus kamu miliki: 6GB - 8GB.

- Jika di gunakan untuk belajar, kebutuhan ram antara: 2GB - 4GB.

Jika komputer  menunjukkan tanda-tanda lelet atau lag saat upgrade software, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa berapa banyak RAM yang dimiliki komputer  saat ini, dan dengan kebutuhan rata-rata. Biasanya berapa RAM yang kita gunakan.

Saat mengupgrade ram, kamu harus memeriksa MainBoard untuk melihat berapa banyak RAM yang didukungnya. Untuk dapat mengoptimalkan komputer.

- Periksa berapa banyak slot RAM yang dimiliki motherboard, dan tentukan jenis RAM yang digunakan mesin

Saat ini ada 4 generasi RAM yang populer: SDR, DDR, DDR2, DDR3, DDR4, DDR5. generasi selanjutnya selalu lebih cepat dan lebih cepat dari generasi sebelumnya. gunakan software untuk memeriksa jenis RAM yang digunakan untuk memilih RAM yang akan dibeli

- Bedakan RAM laptop asli dan RAM palsu

Di pasaran, selalu ada dua jenis produk yaitu asli (bisa di temukan dari distributor asli resmi) dan palsu, untuk membantu menilai keaslian ram dilakukan dengan cara mengecek tampilan  produk hal ini  juga membantu  mengidentifikasi 40%  keaslian produk: Perlu diperhatikan untuk melihat spesifikasinya tertera pada produk seperti kapasitas RAM, Bus RAM, logo pabrikan, tanggal pembuatan, stempel garansi,… (terkadang ada kertas instruksi perakitan di dalam kotak),

Posting Komentar untuk "Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli RAM pada Laptop"