Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang perlu kamu ketahui tentang fitur privasi baru di iOS 14


Seperti yang di harapkan dari perusahaan yang mengutamakan kebijakan privasinya, iOS 14 juga menyertakan peningkatan penting di bidang privasi, mulai dengan tidak mengijinkannya pelacakan lokasi yang akurat hingga memberi tahu jika ada yang ingin melakukan peretasan dari salah satu kata sandi 

Perkiraan lokasi

fungsi: saat kamu memberikan akses sementara atau permanen ke lokasi, aplikasi akan menerima alamat pengguna yang akurat. Di iOS 14,  Kamu dapat memberikan akses perkiraan lokasi dalam area radius tertentu

Mengapa ini penting: Beberapa aplikasi, seperti cuaca atau berita lokal, tidak memerlukan lokasi pengguna yang tepat. Dengan demikian, fitur baru ini membantu menjaga kerahasiaan lokasi pengguna.

Cara menggunakan: Di "Pengaturan", buka tab "Privasi" dan pilih "Lokasi". Kemudian klik program yang diinginkan dan matikan "Lokasi yang tepat".

Indikator kamera dan mikrofon

fungsi: saat mengakses aplikasi kamera dan mikrofon, indikator warna ditampilkan di bagian atas layar.

Mengapa ini penting: Banyak pengguna khawatir aplikasi mengakses kamera atau mikrofon tanpa mereka sadari. Indikator ini akan memberikan peringata untuk menggunakan fitur ini.


Batasi akses ke foto di perpustakaan

fungsi: pengguna  dapat memberikan akses aplikasi hanya ke foto tertentu di perpustakaan.

Mengapa penting: Banyak pengguna menyimpan foto pribadi di iPhone. Sebelumnya, ketika sebuah program membutuhkan akses ke perpustakaan, satu-satunya jalan keluar adalah memberinya akses ke semua gambar atau menutupnya sepenuhnya.

Cara menggunakan: Saat aplikasi meminta izin untuk mengakses perpustakaan di iOS 14, Kamu perlu mengklik "Pilih foto" di jendela pop-up dan pilih foto yang diinginkan. Semua gambar lainnya akan ditutup untuk aplikasi.

Laporan privasi safari

Fungsi: Sekarang di Safari kita dapat melihat situs mana yang dapat melacak aktivitas pengguna secara online.

Mengapa penting: Untuk memastikan privasi digital, diperlukan transparansi - kemampuan untuk melihat situs atau perusahaan mana yang melacak data pribadi kita

Cara menggunakan: Klik tombol "Aa" di pada alamat Safari. Lalu pergi ke tab "Laporan Privasi" di menu dan semua pelacak situs akan ditampilkan di layar.


Pantau kata sandi di Safari

Fungsi: Safari akan melacak kata sandi yang digunakan dan memperingatkan kamu tentang adanya peretasan

Mengapa ini penting: Kata sandi sering kali merupakan bagian yang paling lemah dalam keamanan digital. Banyak pengguna masih menggunakan dua atau tiga kata sandi yang identik untuk semua akun dan bahkan tidak memeriksa untuk melihat apakah kata sandi mereka diretas pada saat kebocoran terjadi. Di iOS 14, Safari bertindak sebagai penyimpan kata sandi.

Cara menggunakan: Peringatan Safari muncul secara otomatis. kamu juga dapat membuka "Pengaturan" dan di bagian "Kata Sandi", lihat bidang "Rekomendasi Keamanan", yang akan menampilkan peringatan apa pun tentang pemecahan sandi


Label privasi untuk aplikasi


Fungsi: App Store sekarang menampilkan informasi privasi untuk setiap aplikasi yang  menggunakan data

Mengapa penting: Aplikasi mengumpulkan berbagai jenis data, dan beberapa di antaranya bahkan tidak diketahui oleh pengguna. Label aplikasi baru ini akan memberikan informasi tentang aplikasi apa yang akan dikumpulkan dan bagaimana mereka menggunakannya, semuanya dalam format yang transparan dan dapat dibaca. Pengguna sekarang dapat dengan lebih cermat memilih program untuk diunduh.

Cara Menggunakan: Klik aplikasi apa pun di App Store untuk melihat deskripsinya. Pergi ke bagian "Privasi aplikasi" - ada tag baru.

Posting Komentar untuk "Yang perlu kamu ketahui tentang fitur privasi baru di iOS 14"